KISI-KISI UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SUKABUMI
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Mata Pelajaran : IPA
Alokasi Waktu : 120 Menit
Jumlah Soal : 40 Soal
1. Melalui pengamatan tabel, siswa dapat menemukan kesesuaian antara besaran dengan satuan dan alat ukur menurut Sistem Internasional dengan benar (SOAL KELAS 7, SMSTR 1)
2. Peserta didik dapat menentukan 4 nomor kunci determinasi pada hewan tertentu dengan benar. (SOAL KELAS 7, SMSTR 1)
3. Disajikan hasil percobaan untuk mengetahui larutan yang bersifat asam dan basa. Berikut hasil percobaan yang didapatkan. Peserta didik dapat menghubungkan konsep larutan dengan hasil percobaan (7, SMSTR 1)
4. Melalui persamaan
t 0C
= 5/9( t 0F - 32), atau
°F = (9/5 x °C) + 32
siswa dapat mengkonversi suhu 0C terhadap 0F (SOAL KELAS 7, SMSTR 1)
5. Melalui persamaan rumus Ek = ½ mv2, peserta didik dapat menganalisa perbandingan energi kinetik dua mobil yang bergerak dengan kecepatan berbeda secara benar.
(SOAL KELAS 7 SMSTR 1)
6. Peserta didik dapat menentukan bagian yang berfungsi sebagai tempat terjadi fotosintesis. (SOAL KELAS 7, SMSTR 2)
7. Disajikan beberapa jenis mahluk hidup, peserta didik dapat membuat diagram jaring- jaring makanan dari interaksi antara mahluk hidup tersebut (7, SMSTR 2)
8. Disajikan pernyataan pencemaran air laut di wilayah Indonesia. Peserta didik dapat menentukan 4 contoh dampak pencemaran terhadap ekosistem air laut (7, SMSTR 2)
9. Disajikan upaya-upaya pengurangan resiko bencana. Peserta didik dapat menunjukkan contoh upaya pengurangan resiko setelah bencana banjir. (7, SMSTR 2)
10. Disajikan gambar tentang perputaran bumi pada porosnya. Peserta didik dapat menghubungkannya dengan Surat yang berada di Al Qu’ran (7, smstr 2)
11. Disajikan beberapa gambar gerak tumbuhan. Peserta didik dapat mendeskripsikan jenis gerak tumbuhan (8, smstr 1)
12. Disajikan pilihan gambar balok dayung diberi gaya. Peserta didik dapat menentukan arah gaya balok yang sesuai dengan hukum 1 Newton (8, smstr 1)
13. Disajikan 4 gambar bidang miring dengan panjang dan tinggi diketahui. Peserta didik dapat menentukan dua bidang miring dengan keuntungan mekanis sama (8, smstr 2)
14. Disajikan 3 contoh gambar gangguan pada sistem gerak. Peserta didik dapat menentukan nama kelainan dan menjelaskan gangguan tersebut (8, smstr 1)
15. Disajikan Tabel hasil pengamatan Uji makanan. Peserta didik dapat menyimpulkan uji kandungan zat gizi beberapa jenis makanan berdasarkan hasil pengamatan. (8, smstr 1)
16. Disajikan pernyataan dampak negatif dari penyalahgunan narkotika/psikotropika. Peserta didik dapat menganalisis dampak negatif bagi pelaku penyalahgunaan zat adiktif jenis narkotika dan psikotropika (8, smstr 1)
17. Ditampilkan gambar skema peredaran darah pada manusia, peserta didik dapat mengurutkan organ-organ yang dilalui pada peredaran darah sistemik atau pulmonal (8, smstr 1)
18. Disajikan gambar skema alat hidrolik dan dengan menggunakan rumus F1/A1 = F2/A2 siswa dapat menghitung F2 jika F1,A1 dan A2 diketahui (8, smstr 2)
19. Disajikan beberapa ciri gangguan pernapasan manusia, siswa dapat menunjukkan dengan tepat nama penyakit pernapasan sesuai ciri gangguan tersebut. (8, smstr 2)
20. Disajikan tabel alat ekskresi dan zat yang dikeluarkan peserta didik dapat menentukan pasangan alat ekresi dan zat sisa yang dikeluarkan (8, smstr 2)
21. Peserta didik dapat menentukan nilai salah satu besaran jika besaran lainnya diketahui. Formulasi yang digunakan menghitung salah satu besaran pada gelombang adalah v = λ x f dimana, v = kecepatan rambat gelombang, λ = (lamda) panjang gelombang dan f = frekuensi gelombang (8, smstr 2)
22. Disajikan informasi tentang kemampuan hewan kelelawar dalam menggunakan gelombang ultrasonik. Peserta didik dapat menghubungkan informasi tersebut dengan sistem Sonar (sound Navigation and Ranging). (8, smstr 2)
23. Peserta didik dapat mengidentifikasi proses-proses yang terjadi pada tahapan pembelahan sel (9, smstr 1)
24. Disajikan data fungsi organ reproduksi perempuan, peserta didik dapat mengidentifikasi organ reproduksi perempuan sesuai fungsinya (9, smstr 1)
25. Disajikan data-data mengenai penyakit kelamin pada organ reproduksi perempuan. Peserta didik dapat menentukan nama penyakit kelamin yang banyak diderita oleh perempuan (9, smstr 1)
26. Disajikan gambar bunga dandelion. Peserta didik dapat menerapkan penyebaran biji oleh angin pada tanaman tersebut (9, smstr 1)
27. Disajikan pernyataan tentang keterbatasan lahan dikarenakan di perkotaan. Peserta didik dapat memecahkan masalah keterbatasan lahan dengan cara penerapan teknologi perkembangbiakan tumbuhan (9, smstr 1)
28. Disajikan beberapa gambar hewan, siswa dapat mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan ovipar dan vivipar (9, smstr 1)
29. Disajikan data persilangan dihibrid kelinci berbulu hitam kasar (HHKK) disilangkan dengan kelinci berbulu putih halus (hhkk). Peserta didik dapat menentukan presentase Fenotipe (F2) apabila F1 disilangkan dengan salah satu induk dominan (9, smstr 1)
30. Disajikan beberapa pernyataan. Peserta didik dapat menerapkan pemanfaatan pewarisan sifat dalam pemuliaan hewan (9, smstr 1)
31. Disajikan gambar penggaris plastik yang digosok kain wol. Peserta didik dapat mendeskripsikan aliran elektron dan muatan listrik yang terjadi (9, smstr 1)
32. Melalui persamaan pada Hukum Coulomb, peserta didik dapat menghitung gaya listrik dengan perubahan pada jarak antara dua buah muatannya diketahui. (9, smstr 1)
33. Disajikan rangkaian listrik campuran. Peserta didik dapat menghitung beda potensial rangkaian tersebut jika besar hambatan (R), kuat Arus listrik (I) diketahui. (9, smstr 1)
34. Disajikan data penggunaan alat-alat listrik, peserta didik dapat menghitung biaya yang harus dibayarkan selama 1 bulan (9, smstr 1)
35. Disajikan gambar skema hasil percobaan pembuatan magnet sementara, siswa dapat menentukan kutub-kutub magnya dengan benarnet (9, smstr 2)
36. Disajikan cara kerja dinamo pada sepeda. Peserta didik dapat menghubungkan faktor kecepatan putaran kumparan dengan ggl induksi yang dihasilkan pada dinamo (9, smstr 2)
37. Disajikan pernyataan tentang aplikasi bioteknologi dalam bidang kesehatan. Peserta didik dapat menerapkan bioteknologi bidang kesehatan pada penambahan hormon insulin (9, smstr 2)
38. Disajikan rumus kimia bahan tertentu, siswa dapat menyebutkan golongan rumus kimia tersebut (9, smstr 2)
39. Disajikan pernyataan tentang lapisan-lapisan tanah. Peserta didik dapat menentukan lapisan tanah (9, smstr 2)
40. Disajikan tabel tentang jenis tanah. Peserta didik dapat menentukan lokasi tanah yang terdapat organisme (9, smstr 2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar