Selasa, 09 Juni 2020

REFLEKSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MENYENANGKAN SELAMA MASA BELAJAR DI RUMAH






REFLEKSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH YANG MENYENANGKAN SELAMA MASA BELAJAR
DI RUMAH
  1. Bagaimana Strategi Pembelajaran Daring Yang Dilakukan (Topik, Tujuan dan Strategi)
Topik : Sistem Organisasi Kehidupan
Kelas : VII (SMP/MTs)
Tujuan : 
  1. Siswa dapat menjelaskan tentang sistem organisasi kehidupan
  2. Siswa dapat mendeskripsikan tentang Sel
  3. Siswa dapat mendefinisikan tentang Jaringan
  4. Siswa dapat memberi contoh organ-organ yang terdapat pada tubuh manusia
  5. Siswa dapat membedakan antara berbagai sistem organ yang terdapat pada tubuh manusia.
Strategi : Diberikan Quiz Sistem Organisasi Kehidupan yang dibuat dalam Google    
                           Form Quiz, dibuatkan linknya yang kemudian disebar ke tiap kelas 7 yang    
                           saya ajar (ada 3 kelas; 7.1,7.2,7.3) melalui Wa Group mereka 
                           masing-masing, yang disebar dengan bantuan wali kelas. Peserta didik  
                           biasanya segera mengerjakan dan terkadang akan bertanya apabila terjadi 
                           kesulitan, baik soal maupun akses ujian tersebut. Setelah mengerjakan  
                           ujian, siswa akan mengirimkan hasil pekerjaan yang dapat dipantau oleh 
                           kita.

Gb. 1. SOAL YANG DIBUAT PADA GOOGLE FORM QUIZ






Gambar 2. Link yang akan dikirimkan via Wa Group
Gambar 3. HASIL PEKERJAAN SISWA BISA DIPANTAU OLEH GURU dari spreedsheet yang
disediakan oleh Google Form Quiz








II. Bagaimana reaksi/ pendapat murid-murid atas proses pembelajaran tersebut? 
Mengapa murid-murid anda berpendapat seperti itu?

Gambar 4. Formulir Daftar Absensi Penugasan kelas 7.1

Bisa dilihat pada Gambar 4. yang pernah saya kirimkan melalui link google form untuk diisi para
peserta didik setelah melakukan beberapa kegiatan pembelajaran jarak jauh melalui daring.
Dapat disimpulkan reaksi mereka;
a. mereka tidak memiliki kuota yang cukup untuk proses pembelajaran daring.
b. Mereka lebih suka untuk belajar yang simple, mereka lebih suka diberi link ketiban harus menulis
atau mencatat.

III. Apa refleksi anda terhadap proses pembelajaran tersebut?
Adakah ada yang anda pelajari dari proses tersebut?
Bagi saya sendiri sebagai pengajar, sebelum pandemi Covid 19 ini, memang sudah tertarik
untuk mempelajari Test yang menggunakan On Line, sehingga ketika proses pembelajaran
jarak jauh ini dijalankan, saya sudah siap melakukan proses pembelajaran jarak jauh ini,
walaupun banyak kendala di dalam proses pembelajaran jarak jauh ini. Di sinilah diperlukan
kesabaran kita di dalam membimbing dan melatih para peserta didik di dalam melakukan
proses pembelajaran jarak jauh ini. Banyak sekali keluhan dan permintaan bantuan dari
para peserta didik, dan kita sebagai pengajar terus dan terus tidak menyerah sampai semua
peserta didik mampu mengatasi kendala-kendala yang terjadi. Bahkan ada beberapa orang tua
murid yang meminta bantuan, saya pun segera membantu kesulitan mereka. Semua itu melalui
chating baik melalui sms maupun Wa.
  1. Adakah hal-hal yang bisa diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?
Hal-hal yang perlu diperbaiki untuk proses pembelajaran jarak jauh;
  1. Diperlukan kerjasama dari orang tua murid di dalam membantu peserta didik di dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh.
  2. Diperlukan bantuan pemerintah di dalam memberikan fasilitas internet gratis baik untuk Guru maupun peserta didik agar tidak ada keluhan lagi tentang ketersediaan Kuota.
  3. Diberikan pelatihan bagi guru yang belum menguasai TIK.



Tidak ada komentar: